Home » Kesehatan » ini Bahaya Plastik Untuk Kesehatan tubuh

ini Bahaya Plastik Untuk Kesehatan tubuh

bahaya plastik ,- Pelastic Polimer, material yang terdiri dari rantai panjang karbon dan elemen-elemen lain yang mudah dibuat menjadi berbagai bentuk dan ukuran, sehingga dapat di jadikan bahan bahan alat untuk membantu manusia, seperti alat dapur, pelastik, mainan dsb.

Meskipun pelastic dapat di manfaatkan oleh manusia tapi pelastik juga memiliki dampak negatif, terutama pada lingkungan kita dan tubuh kita sendiri. Sampah pelastik tidak bisa di uraikan seperti sampah organis, sehingga akan mencemari alam. Tahukah kamu negeri kita Indonesia adalah negara ke 2 di dunia yang membuang sampah pelastik ke lautan. Indonesia memakai pelastik kurang lebih 17kg/tahun dengan pertumbuhan konsumsi mencapai 6-7%.

radang paru paruMenurut penelitian yang di lakukan pusat penelitian kimia LIPI Agus Haryono mengatakan, sampah pelastik ini dapat berubah menjadi mikroplastik yang dapat terapung di lautan dengan ukuran kecil dari 1 mikron. Inilah yang sangat berbahaya dan mengancam kehidupan kita dan lungkungan kita. Sebab bila pelasik berukuran mikron ini masuk ke dalam rantai makanan akan sangat membahayakan tubuh manusia. Masuk ke rantai maknan contohnya, ketika air tercemar oleh plastik dan mencemari ikan yang hidup di dalamnya, dan ikan tersebut di makan oleh kita efeknya negatifnya adalah kepada tubuh kita sendiri.

Berabgai jenis bahan kimia tambahan serta monomer tersisa yang tak beraksi pada pelastik akan sangat berbahaya bagi kesehatan kita, dapat menyebabkan gangguan yang cukup serius, seperti radang paru paru, kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Berbagai upaya untuk menangani limbah pelastik banyak di lakukan salah satunya adalah plasticizer turunan minyak sawit. Adalah bahan kimia yang di tambahkan ke dalam formulasi plastik untuk menambah sifat kelenturannya, utamanya untuk plastik pvc. Beberapa jenis plasticizer turunan phthalate yang pada umumnya digunakan dapat menyebabkan gangguan reproduksi atau gangguan hormonal pada tubuh manusia. Saat ini phthalate sudah mulai di larang di berbagai negara. Adapun plasticizer tunan minyak sawit yang mempunyai sifat lebih aman.

Langkah pemerintah untuk menangai limbah pelastik salah satunya dengan menerapkan beli pelastik di supermarket. Jadi pembeli disarankan membawa pelangsing di rumah, sehingga konsumsi pelastik di Masyarakat akan menurun.